Animasi Kartun Indonesia

Animasi – Kartun dan film

Goresan mengikuti Smart Learning

Posted by kartunridwan on March 6, 2010

Ada yang berubah pada diri saya ketika selelsai mengikuti pelatihan smart learning selama 4 hari. Kalau biasanya begitu akan menulis, saya menghidupkan computer, membuka program word dan mulai menekan tuts pada keyboard untuk menulis. Tapi subuh ini tidak. Saya mengambil kertas putih dan mencoba membuat lingkaran ditengah kertas dan menuliskan kata smart learning. Kemudian saya buat berapa garis keluar lingkaran dan menghubungkan dengan lingkaran lainnya yang terisi kata yang muncul secara spontan dari otak saya. Saya biarkan lingkaran menyerupai telur itu bergulir tanpa batas yang semula tak dapat saya bayangkan. Setelah selesai baru kemudian saya coba tuangkan dalam tulisan ini. Ini adalah kebiasan baru yang saya dapatkan dari pelatihan smart learning. Selama 4 hari saya dan rekan guru lainnya dilatih cara belajar dan berpikir. Cara belajar yang lebih smart , berpikir lebih cerdas dan menghapal lebih dasyat. Subuh ini saya merasa mewarisi jubah superman. Saya bangun sebagai manusia yang habis diupgrade menjadi “super pentium”.

Pelatihan ini menunjukan banyak hal baru kepada saya, pertama saya menyadari bahwa ternyata belajar itu menyenangkan. Menghapal itu mengasyikan. Titik lemah pembelajaran saya selama ini adalah pada menghapal. Dan ternyata telah diubah oleh 3 org instruktur yang luar biasa. Terima kasih pak tukiran, bu umi dan elin. Anda hadir seperti cahaya yang mengubah paradigma salah pembelajaran saya.

Yang kedua, saya menyadari bahwa diri saya ternyata sungguh luar biasa. Sebelum tidur semalam saya mencoba membuat 50 angka secara acak, kemudian saya coba aplikasikan system sms l okasI rumah dan kamar tidur. ketika pada langkah menterjemahkan angka2 kedalam sebuah obyek benda saya tertidur pada bilangan ke 30 an. Begitu bangun untuk shalat malam, saya mencoba mengingat bilangan yang saya buat semalam dan masya allah ternyata saya mampu menghapal separuh bilangan tersebut tanpa merasa telah menghapalnya. Sungguh luar biasa.

Ketiaga saya menyadari bahwa ternyatasinergi itu tidak 1 + 1 = 2 tapi 1 + 1 sanga dengan 11 atau sama dengan 110 atau sama dengan 1100.. ketika otak kiri saya bersinergi dengan otak kanan kemampuannya meningkat puluhan kali lipat, atau mungkin ribua kali lipat. Sungguh luar biasa.

Terakhir saya ingin mengumenunjukan kepada diri saya, bahwa banyak hal yang sebenarnya dapat kita lakukan…dan ternyata mungkin untuk dilakukan.

Catatan kedua, adalah speed reading.. sebagai seorang pemalas, membaca adalah menjengkelkan.pada pelatihan ini, pak tukiran menunjukan bagaimana menyenangkannya membaca,. Dan kecepatan membaca ternyata tidak berhubungan dengan pemahaman kita. Ternyata susunan text atau ejaan huruf yang terbalik tidak mempengaruhi otak kita dalam membaca. Ini informasi lain. Jadi saya mulai paham, bahwa bacalah gagasannya bukan kata kata dalam paragrafh. Untuk membuktikannya saya mencoba membaca buku smart parent for smart student yang dihadiakan kepada syaa oleh para instruktur karena menjadi master sms 2009. saya coba scanning dalam waktu 2 menit dan ternyata informasi yang disampaikan/gagasan yang dimasksud penulis dapat saya pahami. Jadi praktis ternyata buku tersebut dibaca dengan metode scanning hanya 10 menit dan insya allah saya cukup paham gagasan yang ada diddalam buku ini. Oh luar bias sebagai buktinya saya coba ceritakan isi buku tersebut ternyata saya dapat menceritakan buku yang say abaca dalam waktu lebih dari 10 menit…

Peta pikiran, adalah atlas sebuah buku. Atlas adalah miniature sebuha kota. Dia berfungsi sebagai kompas dan penjelas terhadap gambaran sebuah kota. Mengatalskan sebuah buku atau bab tertentu dalam dalam pelajaran ternyata membuat pembelajaran semakin menyenangkan dan mudah. Jmlajumlah kota yang luars, dengan beribu tools dil\dalamnya ternyata dapat digambarkand dalam 1 buah atlasribuan/ratusan halaman sebuah bukupun ternyata dapat kita peta /mind map-kan kedalam sebuah lembar kertas enan informasi yang lebih ringkas, praktis dan sesuai dengan cara kerja otrak kita.

Terakhir saya akan memaksa diri saya untuk mengpalikasikan smar tteacihng kedalam dsaya, bak ketika belajar maupun mengajar. Terima kasih semuanya…

artikel ini telah dimuat diblog saya yang lain, dan saya pindahkan keblog ini…

One Response to “Goresan mengikuti Smart Learning”

  1. Heru Hidayat said

    Saya heru Hidayat. Mahasiwa STMIK BI.
    WAh saya jadi penasaran pak.. boleh donk bagi Ilmu nya sama kita-kita

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

 
%d bloggers like this: